image

Untuk mengecat body motor, #SahabatCWA bisa mendatangi bengkel yang menangani khusus pengecatan body motor. Biasanya #SahabatCWA akan dikenakan biaya yang dapat merogoh kocek lebih dalam.

Untuk meminimalisir pengeluaran tersebut untuk kembali menyegarkan warna body motor. Tidak ada salahnya #SahabatCWA melakukan pengecatan sendiri. Untuk melakukan pengecatan body motor sebetulnya bisa saja dikatakan mudah. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait cara mengecat body motor itu. Ingin mencoba? Berikut adalah cara dan langkah mengecat body motor yang bisa #SahabatCWA pelajari, yuk simak ulasannya!


1. Siapkan Peralatan

Cara mengecat body motor yang pertama adalah kamu perlu menyiapkan berbagai alat dan keperluannya sebelum memulai pekerjaan pengecatan. Kalian harus benar-benar selektif memilihnya. Pastikan kamu menggunakan perlatan dan bahan yang bagus. Jangan asal murah tapi bisa memberikan dampak buruk pada hasil pengecatan.

2. Bersihkan Body

Selanjutnya kalian perlu membersihkan body. Caranya dengan mencuci bersih dengan sabun. Kemudian tentukan bagian yang akan dicat. Lepaskan dulu bagian motor dari rangka agar memudahkan proses pengecatan. Setelah itu copot stiker yang menempel. Kamu bisa gunakan bensin oktan tinggi atau RON 92 ke atas. Sisa lem di bodi motor juga dapat dibersihkan dengan bensin tersebut. Caranya sama, basuh sisa lem, kemudian usap beberapa kali dengan tangan atau lap. 

3. Pengamplasan

Selanjutnya adalah proses pengamplasan. Tujuannya agar body motor ini untuk merontokkan cat lama, sehingga ketika dicat warna baru hasilnya maksimal. Proses ini perlu kesabaran ekstra, karena dalam poses ini membutuhkan thinner, kuas, sikat baja halus, dan amplas 400. Pertama, kamu perlu masukkan thinner ke wadah. Lalu ambil kuas dan oleskan ke bodi motor hingga merata. lalu diamkan selama 5 menit, hingga cat lama terkelupas. Kemudian gosok menggunakan sikat baja halus, supaya semakin terkelupas. Terakhir haluskan dengan amplas 400, agar cat lama hilang menyeluruh. Siram air sesekali agar proses pengamplasan lebih mudah dilakukan.

4. Tutup dengan epoxy

Fungsi Epoxy  adalah menutup pori-pori bodi agar kembali halus. Alhasil goresan-goresan halus bisa hilang. Kemudian Epoxy juga mampu memberikan daya rekat yang lebih baik ketika ditimpa cat baru. Penggunaan Epoxy harus dengan dicampurkan dengan thineer dan hardener. Takarannya sendiri Epoxy 4, thinner 2, dan hardener 1. Lalu masukkan kedalam botol spray gun agar mudah disemprotkan. Lakukanlah secara tipis lalu keringkan. Bila masih belum rata, lakukan lagi sampai benar-benar rata. Ingat penggunaan Epoxy  jangan terlalu tebal. Hal ini justru membuat cat nantinya jadi susah kering. 

5. Proses Dempul

Setelah body motor dilapisi Epoy, kemudian keringkan. Bila masih ditemui goresan di body, maka balut lagi dengan dempul pada titik-titik yang belum rata. Pastikan proses pendempulan memberikan kesan rata pada bagian body motor yang akan di cat. Usai didempul, gosok lagi bodi dengan amplas 1000 dan air agar benar-benar halus. Lalu keringkan.

6. Proses pengecatan

Ketika sudah dianggap siap untuk di cat ulang, semprotkan dahulu warna dasar. Gunakan warna dasar putih atau silver untuk hasil yang bagus. Setelah cat dasar kering, campurkan cat warna dengan thinner, kemudian masukkan ke dalam botol spray gun. Mulailah mengecat dengan jarak semprotan 30-40 cm. Lakukan secara tipis tapi berulang supaya merata. Pakailah lakban kertas bila kamu ingin cat dengan ragam warna. Ini berguna memisahkan antara cat warna satu dengan lain, agar terlihat lebih bagus. Cara mengecat di tahap ini memang tidak mudah. Perlu kesabaran dan ketelitian hingga cat benar-benar rata menempel di body. Fokus adalah kuncinya.

7. Berikan coating

Setelah cat kering, berikan lapisan pernis. Pernis merupakan lapisan akhir. Pernis tidak memiliki warna alias bening. Hingga pernis dapat mengeluarkan warna asli cat jadi lebih mengilap dan melindungi warna cat. Pernis bukanlah pelapis anti gores, namun melindungi agar lebih mengkilap dan tidak mudah pudar. Dengan dilapisi pernis, maka tampilan motor terlihat seperti basah /wet look meski berada di terik matahari. Untuk hasil yang bagus penyemprotan cat dan lapisan pernis tidak bisa sembarangan. Perlu teknik khusus, agar hasil bisa maksimal dan sesuai dengan keinginan. Pastikan kalau cat sudah benar-benar kering sebelum melakukan pelapisan dengan pernis.

8. proses akhir poles

Sebagai langkah terakhir dari proses pengecatan ulang body motor, kamu juga bisa memberikan lapisan compound agar warna cat lebih mengkilap lagi. Lakukan polesan compound dengan kain bersih. Kemudian pakaikan secara perlahan. Supaya bodi motor benar-benar kinclong.

Nah itu tadi cara mengecat body motor yang bisa kamu kerjakan sendiri di rumah.